[Web] Melakukan Stock Opname

Untuk menggunakan fitur Inventorty/Stock Management, maka hal penting yang harus Anda lakukan adalah memasukkan bahan/item setiap menu yang dihidangkan. Pastikan Anda sudah membuat kategori ingredient/item untuk mempermudah pengelompokan. Di Meeber POS ada dua cara untuk mengelola stok bahan, yaitu melalui aplikasi mobile Meeber POS dan website dashboard. Selain lewat aplikasi Meeber POS, Anda juga bisa mengatur item/ingredient lewat Dashboard. Sebelumnya Anda harus mengakses website Meeber POS di https://meeberpos.com lalu melakukan log in akun dengan klik tulisan Masuk di kanan atas website. Pada sidebar di sebelah kiri, pilih Master Data.

Stock Opname adalah kegiatan penghitungan secara fisik atas persediaan bahan yang akan diolah jadi menu. Secara umum, kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui secara akurat mengenai catatan pembukuan / laporan dengan stock yang sebenarnya. Dengan Meeber POS, Anda juga dapat melakukan Stock Opname dengan cara:

  1. Pilih menu Master Data
  2. Klik Itemitem
  3. Klik Master Data di bagian kiri lalu pilih Item
  4. Klik Item Opname di atas kolom itemsitem opname
  5. Pada halaman ‘Item/Ingredient Stock Opname’ Anda dapat melakukan penyesuaian jumlah stock antara catatan pembukuan dengan yang sebenarnya di gudang/dapurstock opname
  6. Tentukan pula tanggal Stock Opname
  7. Klik Save

Anda dapat pula melihat histori penrubahan Stock Opname dengan klik Show Item Opname History di bagian atas. Akan muncul sebuah tabel yang mencatat perubahan yang Anda lakukan. Histori ini bisa Anda unduh dalam format .csv dengan klik icon kertas di kiri bawah.