Mengelola Stock dengan Meeber POS

Untuk menggunakan fitur inventorty/stock management, maka hal penting yang harus Anda lakukan adalah memasukkan bahan/item setiap menu yang dihidangkan beserta takarannya. Hal ini guna mempermudah perhitungan stock dan menghindari terjadiya resiko transaksi bawah tangan. Berikut ini beberapa artikel pendukung yang dapat Anda pelajari tentang step-step penggunaan fitur fitur inventorty/stock management :

1.  Menambah Kategori Ingredient

Sebelum menambahkan keterangan nama dan takaran ingredient, ada baiknya Anda membuat beberapa kategori bahan guna mempermudah pemantauan. Beberapa contoh kategori bahan misalnya sayur, buah, daging, dan lainnya. Pelajari lebih lanjut.

2. Menambah Ingredient/Item 

Di sini Anda dapat menginputkan semua informasi seputar bahan, seperti nama, satuan, harga beli bahan, dan jumlah bahan yang Anda miliki. Pastikan pula Anda mencantumkan kategori bahan. Apabila Anda ingin Meeber POS memberikan peringatan tiap kali bahan hampir habis, maka aktifkan “Enable Warning”. Pelajari lebih lanjut.

3. Menambah Kategori Menu

Untuk menambahkan item bahan pada menu, sebaiknya Anda membuat kategori menu lebih dulu mengingat jumlah menu dalam satu restoran bisa sangat banyak. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam pengelompokan menu. Pelajari lebih lanjut.

4. Menambah Menu

Dalam berbisnis restoran, menu makanan merupakan produk utama. Untuk itu Meeber menyediakan fitur Pengaturan Menu Restoran di mana pemilik usaha dapat menentukan langsung menu beserta bahan dan harga jualnya. Pelajari lebih lanjut.

5. Menambah Ingredient/Item pada Menu

Pastikan Anda mencantumkan nama dan kategori bahan. Apabila bahan masih berbentuk satuan bahan mentah, maka pilih item. Jika bahan termasuk bahan setengah matang / bahan matang, maka pilih menu. Meeber POS memberikan keleluasaan bagi Anda dalam memasukkan bahan olahan pada menu, bisa dalam bentuk item maupun menu. Karena tidak menutup kemungkinan jika dalam satu menu terdiri dari beberapa menu lainnya. Pelajari lebih lanjut.

6. Warning pada Stock

Meeber POS menyediakan tiga warning berbeda supaya Anda dan karyawan dapat lebih mudah mengetahui kondisi stok bahan saat ini. Warning ini dapat dijumpai di halaman Order pada aplikasi dan di Master Item pada Web Dashboard. Pelajari lebih lanjut.

Selain menginputkan kategori bahan dan bahan itu sendiri ke tiap menunya, Anda juga dapat memantau semua bahan yang dimiliki. Mengingat bisnis food & beverage seringkali dihadapkan pada masalah bahan rusak/basi, berikut kami berikan beberapa artikel pendukung yang dapat Anda pelajari tentang step-step penggunaan fitur fitur inventorty/stock management:

1. Menambah dan Mengurangi Jumlah Stock Ingredient / Item

Apabila stock bahan di dapur habis, Anda dapat melakukan penambahan jumlah stock jika barang telah dikirim oleh supplier. Untuk beberapa kasus, Anda juga dapat melakukan pengurangan jumlah stock. Pelajari lebih lanjut.

Cara ini hanya untuk mengatur jumlah stock saja, segala perubahan seperti nama bahan dan lainnya dapat Anda lakukan di artikel Mengubah Keterangan Ingredient / Item.

2. Melakukan Penyesuaian Jumlah Stock Ingredient / Item

Mengelola stock bahan dalam bisnis restoran tidak sepenuhnya mudah. Seringnya kondisi di lapangan tidak sesuai dengan perhitungan yang kita atur di awal. Bisa jadi karena bahan makanan yang lebih mudah busuk atau basi dan penggunaannya yang kadang tidak sesuai takaran sehingga membuat kita harus rutin memantau kualitas serta kuantitas semua bahan. Pelajari lebih lanjut.

3. Melakukan Stock Opname

Stock Opname adalah kegiatan penghitungan secara fisik atas persediaan bahan yang akan diolah jadi menu. Secara umum, kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui secara akurat mengenai catatan pembukuan / laporan dengan stock yang sebenarnya. Pelajari lebih lanjut.

4. Menghitung Ulang (Recalculate) Stock

Setelah melakukan pengubahan stock, baik itu menambah, mengurangi, menyesuaikan, atau bahkan ketiganya, ada baiknya untuk melakukan recalculate stock. Pelajari lebih lanjut.

Semua arus stock dari gudang atau dapur dapat Anda pantau melalui Stock Report di halaman web dashboard Meeber POS.