Penanganan Saat Maintainance Meeber POS

Artikel ini ditujukan untuk memudahkan pengguna Meeber POS dalam memahami proses sinkronisasi data transaksi antara tablet dan cloud, terlebih saat proses pemeliharaan server (maintainance).

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa aplikasi Meeber POS memiliki dua proses autentikasi, yaitu:

  1. Sign In merchant/tenant. Tahap ini untuk masuk ke akun restoran. Anda perlu memasukkan alamat email dan password seperti yang didaftarkan saat registrasi
  2. Sign In pegawai. Tahap ini untuk membedakan akses fitur Meeber POS sesuai role pegawai. Saat pertama kali registrasi, Anda akan diminta untuk menginputkan username root dan password 1234. Untuk selanjutnya Anda dapat melakukan perubahan sesuai kebutuhan di fitur Manajemen Pegawai (Employee Management)

Beberapa hal yang perlu diketahui pengguna Meeber POS jika menemukan kendala terkait perbedaan data transaksi di aplikasi dan di web dashboard antara lain:

1. Meeber menyarankan pengguna untuk mengaktifkan fitur Manajemen Pegawai (Employee Management) di Setelan.

2. Apabila pengguna melakukan log out dari aplikasi dengan cara klik burger icon (tiga garis) di kanan atas lalu klik log out, maka langkah tersebut adalah log out pegawai.

log out merchant meeber

a. Proses log out pegawai hanya dapat dilakukan saat online (terhubung dengan internet). Begitupun saat pengguna ingin log in pegawai kembali, kondisinya harus online.

b. Jika Meeber dalam proses pemeliharaan (maintainance) maka tidak bisa bisa log in dan log out pegawai. Untuk itu disarankan selama proses maintainance pengguna tidak melakukan log out agar traksasi yang dilakukan tersimpan sementara di device/tablet.

c. Hal ini dapat menyebabkan perbedaan data laporan cash drawer, transaksi, dan ringkasan laporan (report summarry) yang tertera di device/tablet dengan web dashboard karena belum melewati proses sinkronisasi.

3. Jika pengguna ingin log out merchat/tenant (sekaligus log out aplikasi), pengguna perlu klik icon on/off di kanan atas pada halaman log in pegawai.

log out pegawai meeber

a. Proses log out merchant hanya dapat dilakukan saat online (terhubung dengan internet). Begitupun saat pengguna ingin log in pegawai kembali, kondisinya harus online.

b. Hal ini karena adanya proses sinkronisasi data antara cloud dan tablet untuk kebutuhan:

  • Cek lisensi
  • Sinkronisasi data master untuk penggunaan offline

4. Proses log out merchat/tenant (sekaligus log out aplikasi) mempunyai fungsi untuk menghapus transaksi yang sudah di sinkronisasi pada device/tablet. Tanpa proses log out aplikasi, maka data transaksi akan selalu tersimpan di device/tablet walau aplikasi Meeber POS di force close atau perangkat dimatikan sekalipun .

 


Empat point di atas perlu diperhatikan, terlebih saat server Meeber POS dalam pemeliharaan (maintainance) atau terjadi kendala lainnya. Apabila terdapat permasalahan seperti server down atau maintainance, maka pengguna perlu memperhatikan beberapa hal berikut :

1. Dilarang log out pegawai maupun log out merchant

2. Selama tidak di-log out, pengguna dapat melakukan transaksi melalui aplikasi Meeber POS seperti biasa. Dengan catatan:

  • Semua data tersimpan sementara di tablet.
  • Hal ini dapat menyebabkan perbedaan data laporan cash drawer, transaksi, dan ringkasan laporan (report summarry) yang tertera di device/tablet dengan web dashboard karena belum melewati proses sinkronisasi.

3. Apabila sudah selesai maintainance dan kondisi kembali normal, secara otomatis data transaksi yang tersimpan di device/tablet akan tersinkronisasi dengan cloud.