Ragam Laporan di Web Dashboard

Bagian ini menyediakan lebih banyak laporan yang mendetail ketimbang overview di bagian Home Dashboard. Untuk sampai di halaman Report ini Anda harus mengakses website Meeber POS di https://meeberpos.com lalu melakukan log in akun dengan klik tulisan Masuk di kanan atas website. Pada sidebar di sebelah kiri, pilih Report.

 

Sales Summary

sales summary

Laporan Penjualan ini berisi grafik yang menjelaskan di waktu mana saja restoran Anda ramai dikunjungi pelanggan. Selain itu di bagian bawah akan muncul perhitungan penjualan dalam periode tertentu, seperti penjualan kotor, HPP, total pendapatan, dan sebagainya. Anda juga dapat melihat berapa transaksi yang terjadi di restoran selama periode waktu tertentu beserta rata-rata penjualan satu pelanggan.

 

Sales Daily

daily sales

Di Laporan Penjualan Harian ini Anda dapat melihat di hari mana restoran Anda ramai dikunjungi. Adanya grafik bar membuat Anda dapat membandingkan penjualan beberapa hari sekaligus. Ada empat grafik yang dapat Anda atur sendiri dengan klik drop down di kanan atas, yaitu grafik penjualan kotor, penjualan bersih, pendapatan, dan laba bersih.

Jika laporan dalam bentuk grafik masih kurang membantu, di bagian bawah kami sediakan perbandingan dalam bentuk tabel sehingga Anda bisa lebih tahu kapan transaksi paling banyak dilakukan beserta penjualan kotor hingga laba bersih. Setiap kolom juga bisa diurutkan dari nominal paling besar hingga paling kecil, begitupun sebaliknya.

 

Sales By Menu

sales by menu

Di Laporan Penjualan Per Menu ini Anda dapat mengetahui langsung menu mana saja yang paling banyak terjual berikut keterangan kategori menu dan HPPnya. Laporan ini berbentuk tabel dan tiap kolom dapat diurutkan dari nominal paling besar hingga paling kecil, begitupun sebaliknya. Anda juga dapat mengatur seberapa banyak item menu yang ingin diurutkan. Selain itu Anda juga dapat mengunduh laporan tersebut dalam bentuk .csv dengan klik tanda panah ke bawah di bagian kanan atas.

 

Discount Report

Laporan Diskon

Laporan Diskon menghadirkan grafik bar yang menjelaskan perbandingan banyaknya diskon selama beberapa hari. Di bagian bawah Anda akan melihat table diskon yang menjelaskan waktu, pelayan yang memberikan diskon, serta pelanggan yang mendapatkan diskon. Jumlah list dalam table juga dapat Anda atur. Di akhir table akan muncul total diskon yang restoran Anda berikan dalam periode waktu tertentu. Laporan diskon ini dapat Anda unduh dalam bentuk .csv dengan klik tanda panah ke bawah di bagian kanan atas tabel.

 

Modifier Report

modifier report

Laporan Modifier ini khusus menampilkan kategori dan jenis modifier mana yang paling banyak ditambahkan pada menu hidangan. Di bagian atas akan muncul grafik bar yang membandingkan kategori modifier. Sementara di bagian bawah akan ada tabel yang berisi nama-nama modifier beserta jumlah yang terjual dan pendapatan dari modifier.

 

Cashdrawer Report

cash drawer report

Laporan Laci Kas ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang ada di menu Laci Kas [link to Laci Kas] pada aplikasi Meeber POS. Di bagian kiri akan muncul list histori laci kas yang jika salah satunya diklik akan menampilkan laporan di sebelah kanan. Laporan tersebut bisa Anda kirim ke email dengan klik button Send Cash Drawer Report di bagian atas laporan.

 

Receipt Report

receipt report

Laporan Struk ini menampilkan histrori transaksi pembayaran yang dilakukan pelanggan. Anda dapat mengatur periode waktu yang diinginkan unutk membandingkan transaksi pembayaran per harinya. Di kolom kiri akan muncul list yang berisi keterangan waktu, nomor struk, jumlah tagihan, dan tipe pembayaran. Sementara di sebelah kanan akan tertera keterangan lebih detail tentang data transaksi seperti nama pelanggan, menu yang dipesan, dan lainnya.

 

Stock Report

item stock report

Laporan Stok ini berhubungan erat dengan fitur Stock Management. Di kolom Stock Summary Report akan muncul tabel yang berisi penjelasan nama item, stok yang dimasukkan, dan kondiri teranyar dari stok bahan. Sementara di kolom Stock Report Detail akan muncul tabel yang berisi histori semua transaksi yang berhubungan dengan stok, mulai dari bahan masuk dan keluar, tipe transaksi, dan final stok bahan di gudang/dapur. Kedua laporan stok ini dapat diunduh dalam .csv dengan klik tanda panah bawah di kanan atas.