[Web] Melakukan Penyesuaian Jumlah Stock Ingredient / Item

Untuk menggunakan fitur Inventorty/Stock Management, maka hal penting yang harus Anda lakukan adalah memasukkan bahan/item setiap menu yang dihidangkan. Pastikan Anda sudah membuat kategori ingredient/item untuk mempermudah pengelompokan. Di Meeber POS ada dua cara untuk mengelola stok bahan, yaitu melalui aplikasi mobile Meeber POS dan website dashboard. Selain lewat aplikasi Meeber POS, Anda juga bisa mengatur item/ingredient lewat Dashboard. Sebelumnya Anda harus mengakses website Meeber POS di https://meeberpos.com lalu melakukan log in akun dengan klik tulisan Masuk di kanan atas website. Pada sidebar di sebelah kiri, pilih Master Data.

Mengelola stock bahan dalam bisnis restoran tidak sepenuhnya mudah. Seringnya kondisi di lapangan tidak sesuai dengan perhitungan yang kita atur di awal. Bisa jadi karena bahan makanan yang lebih mudah busuk atau basi dan penggunaannya yang kadang tidak sesuai takaran sehingga membuat kita harus rutin memantau kualitas serta kuantitas semua bahan. Untuk itu yang perlu Anda lakukan adalah:

  1. Pilih menu Master Data
  2. Klik Itemitem
  3. Klik Master Data di bagian kiri lalu pilih Item
  4. Klik Adjustment di kanan Itemitem adjusment
  5. Pada ‘Item/Ingredient Stock Adjustment Form’ masukkan jumlah stok terbaru di kolom ‘Actual Stock Quantity’stock adjusment
  6. Tambahkan Note jika Anda ingin membubuhkan keterangan perihal pengupdatean stock
  7. Klik Adjust Stock di kiri bawahnote adjust stock
  8. Pada laman ‘Adjustment Confirmation’ klik Save
  9. Klik Close

Anda dapat memantau histori adjustment/update jumlah stok di kolom sebelah kanan dengan mengatur waktu/periode riwayat