Meeber Gathering : Food Photography for #DigitalResto

Food Photography for #DigitalResto

Pada tanggal 7 November 2018 Meeber menyelenggarakan gathering pebisnis kuliner sekaligus workshop bertajuk Food Photography for #DigitalResto – “Discover how to shoot, style, and edit mouthwatering images of menu” di Surabaya, Jawa Timur. Seiring dengan semangat Empowering Your Digital F&B Business yang selalu diusung, Meeber berusaha mendukung pebisnis kuliner untuk lebih mendiri dalam mengembangkan konten menu, salah satunya dari sisi food photography. Hal ini akan memudahkan pebisnis kuliner dalam meningkatkan estetika foto dan deskripsi menu di aplikasi Meeberlite. Sehingga memudahkan pelanggan memilih dan memesan menu dengan aplikasi Meeberian.

Event ini diselenggarakan dan didukung penuh oleh Monopole Coffee Lab yang sudah lebih dulu menjadi #DigitalResto bersama Meeberlite. Monopole Coffee Lab sendiri merupakan kedai kopi yang lagi happening dan menyajikan kenyamanan tanpa batas. Dekorasi kedai kopi ini didominasi oleh suasana industrial di mana dinding dibiarkan bertekstur batu bata dan lampu gantung dengan tone warm. Para pebisnis kuliner yang menghadiri gathering #DigitalResto kemarin langsung disambut oleh beragam alat pengolah kopi yang menampilkan nyawa coffee lab dari Monopole sendiri.

Meeber Gathering : Food Photography for #DigitalResto
Meeber Gathering : Food Photography for #DigitalResto

Segmen pertama dibuka dengan pemaparan mengenai fitur unggulan Meeberlite oleh Ria Anggraini, Sulthana Wijaya, dan Adithya Pranata selaku Meeber Support. Team Meeber Support menjelaskan bagaimana aplikasi cerdas Meeberlite dapat memudahkan pebisnis kuliner dalam meningkatkan pelayanan ke pelanggan, mulai dari menerima pesanan secara akurat, reward point untuk pelanggan, hingga customer insight yang merekam demografis pelanggannya. Tak hanya itu, di segmen pertama ini pebisnis kuliner juga melihat teaser beberapa fitur Meeberlite yang akan diluncurkan dalam waktu dekat meliputi push promotions, tables service, dan cashless payment.

Mengapa cashless payment? Karena Meeber paham bahwa cashless society di Indonesia mulai berkembang. Pengguna smartphone kini lebih nyaman melakukan transaksi pembayaran non-tunai sehingga tidak perlu repot menghitung lembaran uang dan kembaliannya. Selain itu cashless payment juga dapat menghadirkan pengalaman baru saat makan di restoran.

Di akhir segmen pertama, Manager Monopole Coffee Lab yaitu Pak Arif hadir untuk memberikan testimoni tentang Meeberlite kepada pebisnis kuliner yang menghadiri gathering #DigitalResto. “Meeberlite ini sangat membantu Monopole Coffee Lab saat menerima pesanan karena cepat dan akurat. Apalagi pelanggan cukup scan QR code saja,” ucap Bapak Arif.

Meeber Gathering : Food Photography for #DigitalResto
Meeber Gathering : Food Photography for #DigitalResto

Segmen kedua dibuka dengan presentasi menarik seputar Food Photography for #DigitalResto – Discover how to shoot, style, and edit mouthwatering images of menu. M. Fauzil Ali dan Winona Rianur selaku Team Creative dan Digital Marketing Meeber hadir untuk menjelaskan bagaimana menciptakan gambar makanan yang menggugah selera dengan memperhatikan beberapa aspek yaitu sudut pengambilan gambar, property pendukung, komposisi area foto (rule of third), dan pencahayaan. Selain itu pebisnis kuliner juga diberitahu bagaimana cara mengedit foto dan menguploadnya di aplikasi Meeberlite sebagai menu digital (e-menu)

Menu digital sendiri merupakan fitur Meeberlite yang dapat dimanfaatkan pebisnis kuliner untuk menekan biaya cetak dan update buku menu konvernsional. Di samping itu, dengan Food Photography for #DigitalResto ini pebisnis juga dapat menciptakan foto berkualitas baik hanya dengan kamera ponsel masing-masing. Sementara bagi pelanggan, menu digital yang disertai deskripsi menarik akan memudahkan mereka menentukan pilihan menu tanpa perlu bolak balik bertanya ke pelayan outlet.

Food Photography for #DigitalResto
Food Photography for #DigitalResto

Di gathering #DigitalResto kemarin pebisnis kuliner juga mendapat kesempatan untuk merasakan experience memesan makan dan minuman di Monopole Coffee Lab menggunakan aplikasi Meeberian. “Cocok banget nih untuk anak muda zaman sekarang yang ingin semuanya serba mudah, jadi bisa pesan dari meja tanpa perlu repot panggil pelayan,” ucap Tiyara, owner dari De Brewok Café. Tiyara sendiri mengaku dengan Meeberlite, pelayan cafenya tak perlu lagi repot menghapal menu sesuai nama pelanggan karena tersimpan rapi di riwayat transaksi.

“Sistem pointnya juga menarik sekali ya, kita bisa pakai untuk gimmick di event agar pengunjung bertambah,” terang event manager PAZKUL (Pusat Wisata Kuliner Sidoarjo Berkonsep Go Green) yang turut hadir dalam gathering #DigitalResto.

Ada banyak insight seputar pengembangan bisnis yang Meeber bagikan kepada pebisnis kuliner di gathering #DigitalResto kemarin. Di sisi lain Meeber sebagai pengembang aplikasi juga turut menerima banyak masukan dan saran dari pebisnis kuliner. Di akhir acara, ada enam pebisnis kuliner mendapat doorprize jutaan rupiah untuk mentransformasikan bisnisnya menjadi #DigitalResto.

Food Photography for #DigitalResto
Food Photography for #DigitalResto

Nah, bagi pebisnis kuliner yang terlewat event gathering #DigitalResto kemarin, ikuti terus informasi seputar Meeberlite di Instagram @meeberpro.

 

Author: Winona Rianur

Winona Rianur adalah Meeber’s Content Strategist. Ia menulis tentang trends, tips, dan hal lain yang mampu meningkatkan value pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis, memahami pelanggan, dan meningkatkan kepercayaan diri. Winona juga dapat ditemui di winonarianur.com dan kanal media sosial lain dengan username winonarianur.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *