Mengapa Mission Statement Penting Untuk Restoran?

Mission statement untuk Restoran
Mission statement untuk Restoran

Mission Statement bukan hanya sebuah slogan yang ditempelkan pada dinding-dinding kantor perusahaan atau dinding tempat usaha Anda. Lebih dari itu, mission statement yang efektif dimulai dengan konsep tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan oleh suatu unit bisnis. Dengan mengetahui mission statement usaha, Anda dapat lebih fokus pada tujuan yang ingin dicapai, nilai, dan tawaran yang sesuai dengan target market restoran Anda.

Memiliki sebuah mission statement, memudahkan Anda untuk mengkomunikasikan konsep bisnis yang Anda miliki kepada pemegang saham, staf, bahkan konsumen. Berbeda dengan visi yang menjelaskan apa yang ingin Anda capai dimasa mendatang, mission statement sendiri menggambarkan apa yang ingin Anda lakukan saat ini untuk perkembangan  usaha Anda. Singkatnya, mission statement dibutuhkan untuk merealisasikan visi Anda. Hal tersebut  akan mempengaruhi cara Anda melakukan branding dan culture usaha restoran Anda sehingga peran orang-orang yang terlibat dalam usaha Anda akan lebih mengetahui goals mereka dalam keterlibatannya pada usaha Anda .

Jika Anda ingin lebih mengenal mission statement dari usaha restoran Anda, penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang sebenarnya menjadi nilai dalam usaha Anda sejak lama. Selain itu diperlukan adanya sikap terbuka akan tren yang sedang berkembang saat ini sehingga Anda akan secara tepat mengelolah usaha yang sesuai dengan tren yang ada. Perlu diketahui juga apa kekuatan terbesar dari usaha restoran Anda dibanding kompetitor yang juga  mengandalkan jenis menu serupa.

Bagaimana membuat good mission statement?

Membuat good mission statement bukanlah perkara yang sulit atau Anda diharuskan memiliki keahlian khusus. Cukup awali dengan bahasa yang ringkas namun padat dan jelas sehingga informasi  yang ingin Anda sampaikan dapat diterima dengan tepat oleh sasaran audience Anda. Jangan lupa tetapkan harapan terkait benefit yang akan diterima oleh staf, pelanggan, hingga stakeholder dari hasil kinerja yang sedang Anda lakukan saat ini. Pastikan juga Anda transparan dalam menceritakan tentang aktivitas usaha Anda dan jelaskan seberapa bernilainya usaha Anda dalam istilah yang mudah dipahami.

Namun mission statement sendiri harus dinamis menyesuaikan perubahan selera konsumen yang terus berkembang dari waktu ke waktu, karena pada realitasnya keinginan pasar selalu berubah dan bisa jadi pelanggan memberikan respon yang tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Karena itu diperlukan revisi pada mission statement jika Anda menemukan ketidakselarasan lagi antara misi usaha Anda dengan perkembangan pasar.

Author: admin

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *