Mengenal Usaha Waralaba dan Keuntungannya

Meeber POS - Keuntungan WaralabaMungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis usaha waralaba atau yang biasa disebut franchise/waralaba. Apalagi jenis usaha ini merupakan jenis usaha terlaris di Indonesia. Terlebih bisnis waralaba yang paling diminati saat ini adalah usaha di bidang kuliner atau F&B. Bisnis waralaba merupakan bisnis yang telah memiliki pengaturan managemen sendiri dan bisa segera dijalankan. Anda tidak perlu repot memikirkan bagaimana strategi bisnisnya, cukup menerapkan sistem yang telah ada.

Sebelum memilih jenis usaha yang sesuai dengan minat Anda, pastikan Anda melakukan checking  pada reputasi dan branding waralaba/franchise. Apabila Anda telah menemukan mitra usaha waralaba yang tepat, maka jangan khawatir lagi untuk segera memulai usaha waralaba karena Anda akan mendapatkan beberapa keuntungannya seperti :

1. Menemukan Usaha yang Sesuai Tanpa Biaya Promosi Lebih

Saat pertama kali menjalankan usaha waralaba, Anda memang perlu mengeluarkan modal yang relatif besar untuk menjalin mitra dengan franchisor (pemilik waralaba). Namun jika Anda bermitra dengan waralaba yang sudah familiar (cukup dikenal) oleh masyarakat, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan keuntungan untuk balik modal. Hal ini karena tiap merk waralaba memiliki peminatnya sendiri. Secara otomatis pelanggan akan tertarik dengan menu yang telah dikenal lama.

2. Bisnis Mudah Dijalankan

Jika memiliki bisnis waralaba, Anda tidak perlu melakukan uji coba produk maupun membeli bahan baku ulang karena setiap detail kebutuhan tersebut telah diatur oleh fanchisor (pemilik waralaba). Anda cukup mempelajari dengan benar perjanjian awal untuk menjadi mitra usaha waralaba tentang bagaimana pembagian keuntungan, stok bahan baku yang secara otomatis dikirimkan oleh franchisor, dan bagaimana memenuhi standar mutu yang berkualitas dari usaha tersebut.

3. Memiliki Partner Bisnis Dan Relasi yang Satu Visi

Bermitra dengan sebuah waralaba, Anda secara otomatis dibimbing untuk tumbuh bersama dan sukses menjalankan usaha Anda oleh Franchisor (pemilik usaha) yang profesional. Selain itu, Anda akan berkenalan dengan sesama mitra usaha dan mendapatkan tips serta berbagi pengalaman dalam menjalankan usaha waralaba.

 

Author: Widya Alkarana

Widya Alkarana adalah seorang penulis pemula yang tertarik untuk menulis topik seputar self-development, millenial, dan bisnis. Penikmat karya “Milk of Honey” by Rupi Kaur ini juga aktif menulis blog pribadi dan konten pada media sosial miliknya yang dapat ditemui dengan username widyaalkarana.

Sharing is caring!

One Reply to “Mengenal Usaha Waralaba dan Keuntungannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *