Menentukan Lokasi Restoran yang Strategis

Aplikasi Kasir Online - Lokasi Restoran Strategis

Dalam memulai bisnis, lokasi merupakan salah satu kunci penting yang menentukan kesuksesan. Tentu, menentukan lokasi bisnis yang tepat sama pentingnya dengan menu apa yang akan dijajakan dan metode pemasaran apa yang akan dipakai. Untuk itu saat menentukan lokasi, ada baiknya Anda menimbang beberapa pertanyaan berikut:

  • Apakah lokasi tersebut sesuai dengan konsep restoran?
  • Seberapa besar populasi penduduk sekitar?
  • Berapa banyak customer yang Anda harapkan datang per harinya?
  • Berapa biaya sewa/belinya? Apakah lokasi tersebut dapat mendukung pemasukan yang lebih besar?
  • Bagaimana kebiasaan/kebudayaan warga sekitar?
  • Apakah bangunan yang dituju memiliki izin yang jelas?

Apabila pertanyaan di atas sudah mampu terjawab, berikutnya Anda perlu melakukan analisis lebih dalam untuk menentukan apakah lokasi tersebut benar-benar fit dengan konsep dan customer restoran Anda. Berikut Meeber berikan tipsnya:

  1. Analisis Lokasi

Agar dapat menentukan titik lokasi yang tepat, maka pebisnis juga perlu membuat analisis lokasi yang jelas. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah  minimum target market population yang dibutuhkan untuk mencapai goal. Anda juga perlu menghitung kapasitas ruangan dengan formula sebagai berikut:

Kapasitas harian resto = Kapasitas tempat duduk yang diinginkan x jumlah tempat duduk

Sebagai contoh, apabila jumlah kursi adalah 50 dan dalam satu malam terjadi 3 kali membuka meja Baru, maka kapasitas hariannya ada 150

setelah itu  Anda dapat menghitung perkiraan jumlah minimum target market population dalam satu bulan dengan mengalikan jumlah kapasitas harian resto dengan jumlah hari dalam satu bulan. Sebagai contoh 150 x 30 = 4500 minimum target market population.

  1. Pelajari Populasi Sekitar

Setelah mengitung  target tersebut Anda kemudian perlu mempelajari  apakah kepadatan populasi di sekitar lokasi mencukupi minimum target market population. Anda juga perlu memperhatikan kemampuan belanja masyarakat di area lokasi untuk menyesuaikan harga menu yang restoran Anda tawarkan. Akan lebih baik lagi jika Anda juga memetakan buyer persona agar nantinya metode pemasarannya dapat mengena langsung ke target market. Beberapa hal yang perlu Anda pelajari antara lain

– Total populasi

– Rata-rata pemasukan/pendapatan target

– Rata-rata usia target

– Behavior/kebiasaan target

– Rata-rata jumlah anggota keluarga / pertemanan

  1. Pastikan Lokasi Mudah Dijangkau

Jika kondisi lingkunan dan bangunan sudah sesuai dengan konsep, selanjutnya Anda perlu memastikan apakah lokasi tersebut mudah dijangkau oleh pendatang baru. Hal ini akan berkenaan dengan metrics pengunjung organic resto Anda tapna bantuan digital marketing atau usaha promosi. Seperti yang kita tahu, restoran yang mudah ditemukan akan lebih mudah juga dikunjungi. Ketika lapar, orang akan cenderung mencari yang mudah digapai hingga melupakan aspek lain seperti dekorasi atau potongan harga yang ditawarkan.

Di sisi lain Anda juga perlu memperhatikan usaha lain di sekitar lokasi yang berpotensi menjadi complementary business atau justru direct competitor. Complementary business adalah usaha yang dapat membagi target marketnya dengan restoran Anda, seperti gedung perkantoran, stasiun kereta api, atau stadion olahraga.

  1. Lokasi Sudah Oke, Bagaimana Dengan Bangunan?

Lokasi usaha tak hanya soal area sekitar, namun juga bangunan yang akan dijadikan lokasi utama restoran. Apabila kondisi lingkungan sudah mendukung, selanjutnya Anda perlu menganalisis beberapa faktor yang melekat pada bangunan restoran, antara lain:

– Luas bangunan

– Luas tanah sebagai wilayah parkir

– Kondisi dapur, kasir, dan layout meja customer

– Sejarah bangunan

– Izin bangunan

Pastikan lima hal tersebut terjawab dan sesuai dengan konsep restoran. Apabila pemilik/penyewa bangunan sebelumnya juga restoran, maka Anda perlu menilik lebih dalam apa alasan dari alasan tersebut berpindah tempat. Apakah karena tidak laku? apakah pendanaan yang kurang? atau mungkin karena bencana seperti banjir, kerusakan listrik, atau lainnya.

Kesimpulan

Menentukan lokasi usaha memang tidak semudah membalikkan tangan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan didefinisikan agar memenuhi target penjualan yang ditentukan. Sejatinya tidak ada lokasi yang paling benar untuk bisnis, sebab sebuah lokasi pasti akan berkembang seiring berjalannya waktu. untuk itu Anda perlu terus mengevaluasi lokasi usaha secara berkala.

Author: Winona Rianur

Winona Rianur adalah Meeber’s Content Strategist. Ia menulis tentang trends, tips, dan hal lain yang mampu meningkatkan value pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis, memahami pelanggan, dan meningkatkan kepercayaan diri. Winona juga dapat ditemui di winonarianur.com dan kanal media sosial lain dengan username winonarianur.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *