Cegah Penurunan Penjualan Setelah Lebaran dengan Cara Berikut

Sudah menjadi rahasia umum bahwa transaksi jual beli selama bulan Ramadan hingga lebaran sangat tinggi, baik itu pakaian, gadget, hingga makanan. Kebiasaan buka bersama di Indonesia membuat bisnis kuliner laris manis. Belum lagi tradisi kirim-mengirim parsel sebelum lebaran untuk kolega dan rekan. Ditambah dengan permintaan catering makanan dan jajanan saat Hari Raya tiba. Sebagai pengusaha makanan dan minuman, periode ini tentu jadi ladang meraup untung yang besar.

Akan tetapi menurut survey, setelah libur lebaran seringnya penjualan food & beverage juga mengalami penuruan. Sebagai pelaku usaha, ada baiknya Anda mempersiapkannya dengan beberapa cara, antara lain:

  1. Promo

Semua orang suka promo, apalagi yang bentuknya potongan harga atau diskon. Apabila ditilik dari sisi psikologi, tawaran diskon bahkan mampu membuat orang yang awalnya tidak tertarik jadi merasa sangat butuh. Sebagai pelaku usaha yang telah mengenali behavior pelanggan selama pelanggan, maka Anda perlu meracik materi promo yang menarik, baik offline maupun online.

  1. Manfaatkan Momen

Ramadan dan Lebaran usai bukan berarti tidak ada momen yang bisa dimanfaatkan. Sebagai contoh, Anda dapat mempersiapkan dekorasi, material promo, bahkan menu khusus untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia pada Agustus mendatang. Momen lain seperti semarak Pilkada yang akan dilaksanakan dalam hitungan hari juga dapat Anda gunakan sebagai bahan promosi.

  1. Luncurkan Menu Baru

Masyarakat Indonesia senang mencoba hal baru, termasuk makanan. Jika setelah lebaran pengunjung mulai berkurang, Anda dapat membuat penasaran calon pelanggan dengan menu baru. Bisa dengan cara menggabungkan dua menu atau repackage menu tradisional a la modern. Akan lebih menarik lagi jiika menu tersebut instagramable hingga pelanggan sukarela menyebarluaskannya melalui akun Instagram mereka.

Tiga cara di atas dapat Anda jalankan satu per satu atau bersamaan sekaligus. Ramadan dan lebaran usai bukan berarti semangat bisnis juga usai. Terus berinovasi dan beri tawaran menarik agar calon pelanggan tak ragu untuk menjadi langganan usaha Anda.

Author: Winona Rianur

Winona Rianur adalah Meeber’s Content Strategist. Ia menulis tentang trends, tips, dan hal lain yang mampu meningkatkan value pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis, memahami pelanggan, dan meningkatkan kepercayaan diri. Winona juga dapat ditemui di winonarianur.com dan kanal media sosial lain dengan username winonarianur.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *