Ashfa Abid - The Oldman Coffee Co. - Aplikasi Kasir Online Restoran Terlengkap

Bagi anda yang berdomisili di Gresik atau tinggal di sekitar Gresik, pasti tahu The Oldman Coffee Co., café super cozy yang terletak di Jalan Kartini. Namun tahu kah anda tentang siapa pemiliknya dan bagaimana sistem operasional café tersebut? Adalah Asfha Abid, seorang lulusan University of International Business and Economics di Beijing yang memutuskan pulang ke Gresik dua tahun lalu demi mewujudkan mimpinya untuk mengembangkan bisnis F&B.

“Dulu saya menggunakan mesin kasir manual, yaitu cash drawer. Namun setelah menggunakannya, tetap saja muncul pertanyaan, ‘apakah saya benar-benar untung atau tidak?’ Karena laporan dari mesin kasir tersebut itu kurang detail. Padahal sebagai pengusaha, saya butuh detail report yang mewakili apa saja yang terjadi di bisnis saya.” Berusahan mencari solusi permasalah tersebut, Abid kemudian mencari informasi lewat internet dan menemukan Meeber POS – Aplikasi Kasir Online Restoran Terlengkap.

“Setelah mencoba trial Meeber, memelajari fitur, dan konsultasi langsung dengan team Meeber. akhirnya saya tahu memang Meeber yang saya butuhkan. Karena dengan Meeber saya bisa langsung tahu detail soal bisnis saya dan saya juga jadi tahu mau menggunakan langkah apa selanjutnya,” ucap Abid. Menurutnya, grafik laporan di dashboard Meeber tak hanya membantu proses operasional, namun secara tidak langsung membantunya dalam menyusun strategi pemasaran. Sebab di Dashboard, owner dapat langsung tahu produk mana saja yang paling banyak di pesan pada hari kerja dan hari libur. Serta apakah ada perbedaan menu favorit ketika siang dan malam hari.

Tak hanya detail, hal lain yang disuka Abid dari Meeber adalah semua report bisa dipantau dari mana saja tanpa harus datang langsung ke café. “Jika pakai aplikasi kasir (point of sale) lain saya nggak bisa memantau dari luar, mungkin bisa lewat komunikasi dengan karyawan saya, namun kan itu belum tentu benar. Satu, kejujurannya belum terjamin, dan ke dua belum tentu detail,” imbuhnya. Sebagai owner, Abid memang tak bisa selalu ada di café dan mengawal semua transaksi dari opening hingga closing. Apalagi sebagai pengusaha ia selalu ingin mencoba peruntungan lain dengan membuka usaha baru, baik itu bersifat multi outlet maupun model bisnis yang berbeda. Namun dengan Meeber apapun yang ia lakukan, tidak akan meninggalkan pehatianya terhadap The Oldman Coffee Co.

Selain fitur Dashboard, fitur Full Service Meeber juga menjadi favorit Abid. Sebab menurutnya setelah menggunakan fitur tersebut, kepuasan pelanggan di cafenya langsung meningkat. “Proses pemesanan jadi makin cepat sehingga mereka (pelanggan) tak perlu antre. Jadi ketika pelanggan pesan, pelayan kita langsung kirim data ke dapur untuk diolah, lalu nanti di kasir langsung bisa dilihat pesanannya apa. Pada saat proses pesan juga pelayan bisa langsung mencetak checker dan di bawa ke meja pelanggan. Serangkaian proses tersebut terfasilitasi langsung sehingga tidak banyak waktu terbuang.”

Abid mengaku, ia termasuk orang yang tidak begitu mendalami perkembangan teknologi, termasuk POS. namun baginya Meeber adalah aplikasi kasir online restoran terlengkap yang dapat dipercaya, fleksibel, dan menghadirkan banyak solusi bagi kebutuhan pebisnis yang kompleks. Ke depannya, Abid berharap Meeber dapat menyediakan fitur yang bisa terintegrasi langsung dengan sistem operasional lain, seperti kepegawaian (check log).