Agustian Pratama - MOW Bites and Café

Nama Agustian Pratama mungkin tak lagi terdengar asing di telinga warga Surabaya, terlebih untuk mereka yang gemar mendengarkan siaran radio di pagi hari. Ya, lelaki yang berdomisili di Gresik ini sehari-harinya berprofesi sebagai announcer di salah satu radio lifestyle yang cabangnya tersebar di seluruh Indonesia. Nyatanya selain lihai membawakan informasi lewat siaran udara, Tian – begitu ia disapa – juga jago dalam mengelola bisnis food & business.

Usaha kuliner teranyar yang ia kembangkan adalah MOW Bites and Café, sebuah kedai mungil di Gresik yang menawarkan tempat nongkrong yang cozy serta beragam menu cemilan kekinian. Sejak awal, café yang beroperasi dari sore hingga malam hari ini memang ditujukan untuk pangsa pasar menengah ke bawah, khususnya untuk konsumen dengan rentang usia remaja muda. MOW Bites and Café sendiri memiliki makna cemilan sekali gigit. Namun ke depannya tidak tertutup kemungkinan café tersebut menyediakan menu meal.

Salah satu kekhawatiran yang menghantui Tian saat memulai usaha F&Bnya adalah soal sistem POS. Untungnya tak lama setelah launching, ia menemukan informasi seputar Meeber di timeline Line-nya. “Awalnya belum kepikiran untuk memakai sistem POS apa, niatnya mau mencatat manual saja. Setelah tahu Meeber itu online dan berbasis cloud saya jadi tertarik,” jelasnya.

Rasa ingin tahu menggiring Tian ke layanan Google Play Store dan mengunduh Meeber langsung. Mengingat Meeber punya fitur Free Trial, maka tak ada keraguan pada dirinya untuk mencoba aplikasi mobile POS tersebut. Bahkan menurut Tian, Meeber sangat mudah untuk dipelajari dan digunakan. Setelahnya Tian langsung melakukan langganan atau subscribe sebab baginya selain karena praktis, Meeber juga tidak memerlukan hardware yang berukuran besar seperti Desktop. Harganya juga terjangkau. Apalagi mengingat model usaha MOW Bites and Café belum terlalu besar dan memang diperuntukkan untuk anak-anak muda.

“Fitur Meeber yang saya suka sekali itu kasir dan Dashboard. Dari Dashboard saya sangat terbantu dengan report yang disediakan oleh Meeber. Saya jadi tahu jam berapa saja kedai ramai dikunjungi dan menu mana saja yang paling banyak dipesan. Selain itu saya juga terbantu dengan report pendapatan, baik per hari, per minggu, maupun per bulan. Tak hanya itu, saya juga dimudahkan dengan fitur Manage Stock Inventory. Semua report tersebut bisa saya lihat dan pantau dari mana saja, tanpa perlu datang langsung ke kedai,” ungkap lelaki berpotongan rambut cepak dan berkawat gigi tersebut

Tak hanya itu, ada dua fitur Meeber yang belum ia temukan di sistem POS lain, yaitu Table Management dan Diskon.

“Selain itu, yang saya sukai dari Meeber juga adalah fitur Table Managementnya. Mengingat pengunjung MOW Bites and Café kebanyakan adalah anak muda remaja yang sering datang beramai-ramai, Table Management ini sangat membantu sekali. Pegawai saya tak lagi kesulitan mengatur pesanan per meja karena telah tercatat lewat Meeber. Menariknya lagi, Meeber memberikan kemudahan dalam memberikan potongan harga atau diskon pada bill. Baik itu diatur sejak awal pada menu Master ataupun per transaksi penjualan.”